7 Makanan Enak untuk Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

7 Makanan Enak untuk Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

7 Makanan Enak untuk Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa – Bau mulut merupakan masalah utama saat berpuasa, selain rasa lapar dan haus. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan berkurangnya aliran air ludah, sisa makanan yang terdapat di gusi, kelebihan bakteri pada lidah, konsumsi obat tertentu, gangguan pencernaan, dan sebagainya.

Ada banyak cara mengatasi hal tersebut, termasuk dengan mengatur menu makananmu saat sahur atau buka puasa. Inilah tujuh makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah bau mulut selama puasa.

1. Makanan kaya vitamin C

Selain mengurangi risiko sariawan, makanan ini bisa membuat mulutmu segar. Misalnya seperti paprika merah, brokoli, jeruk, nanas, melon, dan sebagainya. Vitamin C dipercaya ampuh membunuh bakteri yang membuat bau mulut dan melepas sisa-sisa makanan.

2. Permen karet

Selepas buka puasa, kamu bisa menghilangkan bau mulut dengan permen karet. Sayangnya, ini hanya berlaku untuk permen karet yang bebas gula saja. Jadi, bukan sembarang permen karet ya. Salah-salah malah bisa perutmu kembung nanti. Carilah yang bebas gula.

3. Lemon

Lemon bisa dikonsumsi dengan digigit langsung atau dicampurkan dengan air. Kamu yang ingin menyeduh teh, sebaiknya bisa menambahkan lemon. Selain rasanya lebih enak, manfaatnya juga lebih terasa.

Soda atau teh, biasanya diawetkan dengan zat yang dikenal citric acid. Sebuah senyawa yang berpotensi membuat mulutmu bau. Potongan lemon pada teh bisa menjadi pentralisir yang baik.

4. Yoghurt

Yoghurt bisa membantumu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Bahkan plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Tentunya hal ini hanya berlaku untuk plain yoghurt (tanpa gula dan perasa).

5. Teh hijau

Ternyata tidak semua teh menyebabkan nafas tidak segar. Teh hijau asal Jepang ini mengandung flouride yang memiliki efek anti bakteri. Adanya kandungan tersebut bisa memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, dan mengurangi bau mulut.

6. Apel, wortel, dan seledri

Ketiga makanan ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Kamu bisa mengonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Makanan kaya serat dapat meningkatkan produksi air liur agar mulut tetap lembab.

7. Air mineral

Dianjurkan untuk minum air mineral 2-3 gelas atau 1,5 liter setiap hari. Hal ini bisa membuat mulutmu tidak terlalu kering hingga memicu bau mulut.

Air mineral dipercaya dapat membilas bakteri jahat dari rongga mulut. Apalagi air mineral juga baik untuk tubuhmu saat proses terhidrasi.

Itulah tujuh referensi makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghindari bau mulut. Jangan lupa mengimbanginya dengan rajin sikat gigi dan berkumur ya, terutama sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan