6 Alasan Kenapa Kita Sering Terbangun Tengah Malam

6 Alasan Kenapa Kita Sering Terbangun Tengah Malam

6 Alasan Kenapa Kita Sering Terbangun Tengah Malam – Dr. Jose Colon menyatakan bahwa terbangun sebanyak 4 sd 6 kali ketika tidur masih di anggap normal, biasanya setelah terbangun maka kita bisa dengan segera tidur kembali.

Tapi jika tidak bisa tidur lagi setelah terbangun maka mungkin ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut ini mungkin adalah beberapa penyebabnya:

1. Salah Posisi Tidur.

Kelelahan, sakit kepala, nyeri leher dan punggung bisa di sebabkan oleh posisi tidur yang salah. Maka dari itu sangat perlu memperhatikan posisi tidur, ranjang juga tidak boleh terlalu keras atau terlalu lembut.
Pastikan juga bantal bisa menyangga kepala dengan benar.

John Douillard juga menyarakankan posisi tidur menyamping ke kiri karena bisa membantu meningkatkan pencernaan dan peredaran darah, meningkatkan kesehatan emosional dan membantu sistem limfa serta mencegah penyakit jantung.

2. Lingkungan yang super Berisik.

Untuk kalian yang tinggal di lingkungan kota besar pasti tau betul rasanya lingkungan kota yang gak pernah tidur 24 jam. Tetangga yang berisik, radio dan tv yang di nyalakan keras2 dan juga suara kendaraan yang lalu lalang bisa merusak tidur.

Memakai penutup telinga memang bisa membantu, tapi tergolong repot karena tutup telinga hanya bisa di gunakan beberapa kali dan harus di bersihkan berulang kali.

Untuk kalian yang tidur di daerah pedesaan wajib bersyukur bisa tidur dengan nyenyak. Menggunakan dinding kamar kedap suara bisa menjadi solusi untuk masalah kebisingan ini.

3. Sleep Apnea.

Di kasus ini terjadi penyumbatan saluran pernapasan berulang kali selama tidur sehingga berulang kali kita berhenti bernafas ketika malam hari. Akibatnya si penderita sering terbangun di malam hari.

Untuk mengatasi ini biasanya adalah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya akan di sarankan untuk menggunakan alat bantu pernafasan untuk menjaga agar jalur pernafasan tetap terbuka.

4. Suhu Kamar Terlalu Dingin/Terlalu Panas.

Suhu kamar pasti mempengaruhi tidur. Mungkin kalian sering terbangun malam hari karena kepanasan atau kedinginan. Biasanya suhu tubuh turun ketika kita tertidur. Maka dari itu suhu kamar di perhatikan juga. Menurut National Sleep Foundation suhu kamar yang bagus untuk bobo adalah sekitaran 16°C sampai 18°C.

Sebelum tidur ada baiknya mandi air hangat dulu, ketika mandi suhu tubuh akan naik tapi ketika sudah keluar dari kamar mandi maka suhu tubuh akan turun sehingga bisa cepat tertidur.

5. Minum Alkohol.

Alkohol memang memiliki efek menenangkan yang membantu tidur, tapi bisa juga berefek sebaliknya.
Maka dari itu jangan minum alkohol ketika mau tidur.

6. Kebanyakan Maen Hape.

Nah ini yang paling sering menjadi penyebab utamanya di zaman gadget. Online di twitter, chatting di facebook dan main game online bisa menjadi masalah utama yang menyababkan tidur terganggu.
Cahaya warna biru yang di pancarkan oleh perangkat gadget mencegah tubuh untuk memproduksi hormon tidur Melatonin.

Maka dari itu sebaiknya hindari penggunaan gadget di jam tidur kalian.